Laman

Kamis, 23 Maret 2017

Siklus haid yang normal

Siklus haid yang normal


Apa yang dimaksud dengan siklus menstruasi?

 Siklus menstruasi adalah camera.gif serangkaian perubahan fisik seorang wanita berjalan melalui untuk mempersiapkan kehamilan. Sekali sebulan, rahim tumbuh lapisan baru (endometrium) untuk bersiap-siap untuk camera.gif telur yang dibuahi. Ketika tidak ada telur dibuahi untuk memulai kehamilan, rahim gudang lapisan nya. Ini adalah bulanan menstruasi pendarahan camera.gif (juga disebut periode menstruasi) bahwa perempuan memiliki dari remaja tahun-tahun awal mereka sampai menopause, sekitar usia 50.

Siklus menstruasi adalah dari Hari 1 Hari 1 pendarahan setelah waktu perdarahan. Meskipun siklus rata-rata 28 hari, itu adalah normal untuk memiliki siklus yang lebih pendek atau lebih lama.

Baca juga : Cara melancarkan haid

Wanita sering mulai menstruasi antara usia 11 dan 14. Wanita biasanya mulai dengan tahap yang lebih sedikit antara usia 39 dan 51. Perempuan dalam mereka lebih dari 40 tahun dan remaja mungkin ada siklus atau untuk mengubah banyak. Jika Anda seorang remaja, siklus Anda harus bahkan dari musim. Sekitar menopause, siklus Anda mungkin kemudian berhenti.

Bicarakan dengan dokter Anda jika Anda melihat adanya perubahan besar dalam siklus Anda. Hal ini terutama penting untuk memeriksa dengan dokter Anda jika Anda tiga atau lebih periode yang bertahan lebih lama dari 7 hari atau sangat berat. juga menyebut jika Anda telah perdarahan antara periode atau nyeri panggul yang tidak dari periode Anda.

Apa yang mengontrol siklus menstruasi?

hormon Anda mengontrol siklus menstruasi Anda. Selama setiap siklus, Anda hipotalamus otak dan kelenjar hipofisis mengirim sinyal hormon bolak-balik dengan ovarium Anda. Sinyal-sinyal ini mendapatkan ovarium dan rahim siap kehamilan.

Hormon estrogen dan progesteron memainkan peran terbesar dalam bagaimana rahim selama setiap siklus.
  • Estrogen dibangun lapisan rahim.
  • Progesteron meningkat setelah rilis ovarium telur (ovulasi) pada pertengahan siklus. Ini membantu estrogen yang menjaga lapisan tebal dan siap telur yang dibuahi.
  • Penurunan progesteron (bersama dengan estrogen) menyebabkan lapisan untuk istirahat. Ini adalah saat haid dimulai.
Perubahan kadar hormon dapat mempengaruhi siklus atau kesuburan. Misalnya, remaja cenderung memiliki tingkat progesteron rendah atau berubah. Hal ini berlaku untuk wanita dekat dengan menopause. Itulah sebabnya remaja dan wanita di mereka lebih dari 40 tahun mungkin memiliki perdarahan menstruasi berat dan siklus yang berubah panjangnya.

Hal-hal lain dapat mengubah siklus Anda. Mereka termasuk pil KB, lemak tubuh yang rendah, kehilangan banyak berat badan, atau kelebihan berat badan. Tekanan atau latihan keras dapat mengubah siklus Anda. Kehamilan adalah penyebab paling umum dari periode terjawab.

Apa gejala umum yang terkait dengan siklus menstruasi?

Beberapa wanita tidak memiliki rasa sakit atau masalah lain. Tapi wanita lain memiliki gejala sebelum dan selama periode mereka.

Selama seminggu sebelum haid, banyak wanita memiliki beberapa gejala pramenstruasi. Anda mungkin merasa lebih tegang atau marah. Anda mungkin berat badan air dan merasa kembung. Payudara Anda merasa lembut. Anda mungkin mendapatkan jerawat. Anda juga mungkin memiliki energi lebih sedikit dari biasanya. Satu atau dua hari sebelum haid, Anda mungkin mulai memiliki nyeri (kram) di perut, punggung, atau kaki. Gejala-gejala ini datang pada hari pertama pada suatu waktu.

Ketika ovarium Anda melepaskan telur di tengah-tengah siklus Anda, sehingga Anda memiliki rasa sakit di perut bagian bawah. Anda mungkin juga bercak merah untuk kurang dari satu hari. Keduanya normal.

Bagaimana wanita bisa mengurus perdarahan dan gejala?

Anda dapat menggunakan pembalut, tampon, atau cangkir menstruasi untuk mengontrol perdarahan. Apa pun yang Anda gunakan, pastikan untuk mengubahnya setidaknya setiap 4 sampai 8 jam. Pads mungkin yang terbaik di malam hari.

Banyak wanita meningkatkan gejala mereka melalui olahraga teratur dan makan makanan yang sehat. Hal ini juga membantu untuk membatasi alkohol dan kafein. Cobalah untuk mengurangi stres.

Sebuah bantal pemanas, botol air panas, atau mandi air hangat juga dapat membantu dengan kram. Anda dapat over-the-counter obat seperti ibuprofen atau naproxen sebelum dan selama periode Anda untuk mengurangi rasa sakit dan perdarahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar